Senin, 24 Mei 2010

Ujian Akhir Semester

Jjjjiahhhh,,, ga terasa
UAS sebentar ge....

4 komentar:

REBEKKA RISKI mengatakan...

(UAS) 1. Rebekka, blogmu diiringi musik dan ada peletakan jam dengan karakter doraemon.
dapatkah kamu jelaskan alasannya berdasarkan teori kognitif?

1 Juni 2010 06:02


NB: karena ada beberapa kesalahan pada pengaturan blog maka atas seizin dosen pengampu soal ini saya copy dari email yang dikirim oleh dosen pengampu Psikologi Pendidikan.
Pendidikan.

REBEKKA RISKI mengatakan...

JAWABAN NO.1

Latar belakang saya menggunakan jam yang diiringi musik dan berkarakter Doraemon adalah karena saya mendapatkan nilai C untuk nilai blog yang ibu umumkan berbarengan dengan nilai UTS dan nilai tugas-tugas.Setelah melihat nilai tersebut saya termotivasi untuk lebih mengeksplorasi blog saya karena sebelumnya saya tidak tertarik untuk lebih mengelola blog saya.Dan kemudian saya memilih template berkarakter Doraemon karena saya memang menyukai Doraemon dan saat itu belum ada teman-teman yang menggunakan template Doraemon.
Jika dijelaskan dengan teori kognitif maka apa yang saya lakukan ini sesuai dengan perspektif kognitif tentang motivasi (Santrock, Psikologi Pendidikan hal.513).Menurut perspektif ini, pemikiran memandu motivasi kita.Motivasi tersebut dapat berupa ide-ide untuk meraih sesuatu misalnya prestasi.Dalam hal ini motivasi saya adalah untuk memperbaiki nilai blog saya.Hal ini juga sejalan dengan yang dikemukakan oleh R.W.White tentang motivasi kompetensi yakni motivasi untuk menghadapi lingkungan secara efektif dan memproses informasi secara efisien.Jadi, dalam hal ini saya mempunyai motivasi untuk dapat bersaing dengan teman-teman (lingkungan) saya dalam hal nilai.

REBEKKA RISKI mengatakan...

(UAS)2. Bagaimana upaya kamu menjelaskan berdasarkan salah satu teori psikologi pendidikan bahwa upaya saya sebagai pengampu untuk men-deliver nilai belum juga terlaksana.

8 Juni 2010 04:34

REBEKKA RISKI mengatakan...

JAWABAN NO.2
Saya menjelaskan pertanyaan nomor 2 ini dengan teori motivasi.Motivasi merupakan proses yang memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku.Dalam hal ini, menurut saya, usaha ibu untuk men-deliveri nilai yang belum terlaksana dikarenakan kurangnya motivasi dari dalam Ibu sendiri (motivasi intrinsik) maupun motivasi dari kami selaku naradidik untuk memberikan insentif bagi Ibu untuk mempercepat proses pen-deliverian nilai (dalam hal ini menjadi motivasi ekstrinsik bagi Ibu).Kami selaku naradidik kurang aktif dan kurang termotivasi untuk memberikan motivasi bagi Ibu agar lebih mempercepat proses pendeliverian nilai.
Jadi, dalam hal ini seharusnya diperlukan usaha dari kedua pihak yakni antara naradidik maupun pendidik.Naradidik seharusnya dapat lebih aktif dengan memberikan partisipasinya dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran yang (Teacher-Centered).

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates