Perkembangan teknologi sangat pesat.Dulu mainframe merupakan produk utama pada masa itu.sebuah komputer berukurana besar,digunkan secara bersama-sama oleh beberapa orang."one computer,many people",merupakan gelombang pertama teknologi komputer.Lalu Persokonal Computer(PC) menggantikan peran mainframe sebagai pemeran utama dunia komputasi.Ukuran komputer juga semakin kecil dan memiliki kemampuan lebih tinggi daripada gelombang pertama.Jumlahnya pun bertambah,sehingga "one person,one computer" jadi kenyataan.Saat ini komputer menjadi sangat muarah dan mudah digunakan dan ditandai dengan lazimnya pemakaian beberapa komputer oleh satu orang,"one person,many computers"Selain itu,internet yang merupakan kombinasi antara teknologi dan komputasi,menjadi tulang punggung infrastruktur informasi global.Gelombang perkembangan teknologi komputasi ini memungkinkan suatu teknologi yang dinamakan ubiquitous computing.
Masa depan infrastruktur informasi dan ubiquitous computing dan internet sebagai tulang punggung infrastruktur informasi globa,mulai berpengaruh kepada kehidupan akademik maupun sosial kita.Internet menjadi sumber utama informasi dan komunikasi.Teknologi dan komputasi membuat akses ke internet semakin cepat dan mempertinggi mobilitas.Penggunaan komputer yang terhubung internet secara mobile merupakan hal yang mudah karena dengan teknologi yang ada, komputer semakin ringan dan kecil serta mudah didapatkan,portabel,mudah dioperasikan dan murah.Perkembangan komputer dan internet tersebut memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer secara terus menerus,di mana saja dan kapan saja.Inilah yang disebut ubiquitous computing.Istilah ubiquitous sendiri memiliki arti muncul atau terjadi dimana-mana.Sedangkan istilah ubiquitous computing dipelopori oleh Mark Weiser.
Sejalan dengan berkembangnya era ubuiquitous computing ini,e-learning pun milai berkembang di Indonesia.E-learning muncul sebagai antisipasi terhadap keterbatasan dalam proses belajar-mengajar tradisional yang berbasis tatap muka yang sangat dibatasi oleh ruang dan waktu.E-Learning merupakan pembelajaran dengan menggunakan media/jasa bantuan perngkat elektronika(misalnya audio,video,dan komputer).Perkembangan ubiquitous computing sangat mendukung keberadaan e- learning.E-Learning dilakukan melalui suatu network(jaringan).Ini memungkinkan tersampaikannya bahan ajar kepada peserta didik dengan menggunkan media komputer dan jaringan internet.Karena ubiquitous compting,perangkat komputer yang baru memungkinkan peserta didik membawanya kemana saja dan kapan saja.Hal ini sesuai konsep e-learning yaitu meminimalisasi batas ruang dan waktu dalam pembelajaran.
Dengan e-learning peserta didik tidak perlu berada pada waktu dan tempat yang sama denagn pengajar untuk melangsungkan proses pembelajaran.Selain itu masih banyak keunggulan dari e-learning sperti memberikan pengalamn yang menarik dan bermakna bagi peserta didik dan memperbaiki tingkat pemahaman dan daya ingatpeserta didik terhadap pengetahuan yang disampaikan.
Dengan adanya e-learning,proses pembelajaran tampaknya lebih efektif dan efisien dibandingkan denganproses pembelajaran secara konvensional.Namun di Indonesia sendiri,e-learning masih realtif baru.Pelaksanaan e-learning di Indonesia sepertinya masih sulit karean pelaksanaannya harus didukung infrastruktur dan superstruktur yang berkaitan dengan lembaga pendidikan,pengajar,dan peserta didik.Keberhasilan e-learning juga oleh daya beli pengjar dan peserta didik terhadap fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan.Dengan keadaan ekonomi Indonesia yang masih dalam kategori"negara berkembang",tentunya hal ini masih sulit untuk diterapkan di Indonesia.Sungguh sangat disayangkan.
DAFTAR PUSTAKA
Munir.2008.Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Bandung:ALFABETA
Santrock,John W.2008.Psikologi Pendidikan.Jakarta:Kencana
26 Pebruari 2010
Rebekka Riski Anggelina
Jumat, 26 Februari 2010
"UBIQUITOUS DAN E-LEARNING ; Tugas 2"
Diposting oleh REBEKKA RISKI di 09.38
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar